LITERATURE REVIEW PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG STROKE DAN DETEKSI DINI PREHOSPITAL STROKE

FAHMI, BAYU DESICHA (2020) LITERATURE REVIEW PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG STROKE DAN DETEKSI DINI PREHOSPITAL STROKE. Other thesis, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo.

[thumbnail of 1. cover depan.pdf] Text
1. cover depan.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 12.INTIASARI.pdf] Text
12.INTIASARI.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak_Bayu Desicha.pdf] Text
Abstrak_Bayu Desicha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of LR Bayu Desicha Fahmi_201602008.pdf] Text
LR Bayu Desicha Fahmi_201602008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 24. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
24. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

Stroke dapat mengakibatkan kecacatan dan kematian jika tidak cepat mendapatkan penanganan medis. Pengetahuan yang kurang tentang stroke dan deteksi dini stroke dapat menyebabkan keterlambatan pasien dibawa ke rumah sakit. Fenomena yang terjadi di Posyandu Lansia Dewi Kunti Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo kebanyakan keluarga yang memiliki anggota keluarga hipertensi yang beresiko stroke tidak tahu tentang deteksi dini prehospital stroke karena belum mendapat pendidikan kesehatan tentang deteksi dini stroke, keluarga tidak tahu tentang golden periode stroke untuk dibawa ke rumah sakit, dan tidak tahu dampak yang terjadi jika pasien terlambat ditangani. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan terhadap keluarga tentang stroke dan deteksi dini pre hospital stroke. Desain dari penelitian ini adalah literature review dan sumber data yang di peroleh melalui pencarian berbasis data elektronik yang komprehensif di PubMed, pubmed dan Google Scoolar dengan mengambil artikel yang diterbitkan dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia antara tahun 2015 sampai 2020. Metode review yang dilakukan yaitu istilah dan kata kunci yang berkaitan dengan stroke awareness face, arm, speech, time dan health education OR health promotion menggunakan problem stroke awareness face, arm, speech, time serta meninjau abstrak atau teks lengkap pada artikel yang disesuaikan dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil dari 5 artikel yang dapat digunakan sebagai review menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan secara signifikan mempengaruhi pengetahuan keluarga dan masyarakat tentang stroke dan deteksi dini prehospital stroke sehingga mengurangi keterlambatan pasien stroke untuk dibawa ke rumah sakit. Kesimpulan yang dapat di ambil adalah pendidikan kesehatan dengan menggunakan media iklan secara nasional dapat mempengaruhi atau menambah pengetahuan keluarga dan masyarakat sehingga dapat mengurangi kejadian keterlambatan kedatangan pasien stroke sehingga mendapatkan penanganan medis dengan segera.

Kata kunci : Deteksi dini stroke FAST (face, arm, speech, time), pendidikan esehatan, pengetahuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Catharina Labore Tatiek Ariyani
Date Deposited: 06 Mar 2021 03:12
Last Modified: 12 Apr 2021 05:17
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item