GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN (TAHU) REMAJA PUTRI TENTANG PENANGANAN DISMENOREA DI SMP HANG TUAH 1 SURABAYA (Studi Deskriptif di SMP Hang Tuah 1 Surabaya)

KRISTINA, LEA (2020) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN (TAHU) REMAJA PUTRI TENTANG PENANGANAN DISMENOREA DI SMP HANG TUAH 1 SURABAYA (Studi Deskriptif di SMP Hang Tuah 1 Surabaya). Other thesis, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo.

[thumbnail of 1. Cover Depan.pdf] Text
1. Cover Depan.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 11. INTISARI.pdf] Text
11. INTISARI.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of ABSTRAK-LEA KRISTINA.pdf] Text
ABSTRAK-LEA KRISTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Lea Kristina_201602025.pdf] Text
Lea Kristina_201602025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 24. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
24. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, dimana masa itu terjadi perubahan yang pesat termaksuk fungsi reproduksi sehingga mempengaruhi terjadinya perubahan fisik, mental maupun sosial. Pada remaja wanita sebagai tanda kematangan organ reproduksi adalah datangnya menstruasi. Dismenorea (nyeri haid) hal yang wajar dan normal pada remaja putri saat menstruasi, nyeri biasanya terjadi dalam waktu yang singkat dan dapat hilang dengan sendirinya dan tidak mengganggu aktivitas, tetapi tidak jarang remaja putri mengalami dismenorea (nyeri haid) berkepanjangan saat menstruasi dapat menganggu aktifitas dan kenyamanan. Fenomena yang didapatkan di SMP Hang Tuah 1 Surabaya berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan remaja putri terhadap tingkat pengetahuan tentang penanganan dismenorea (nyeri haid) sebagian besar remaja putri saat ditanya tentang penanganan disminorea (nyeri haid) masih banyak yang tidak mengetahui penanganannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi Tingkat Pengetahuan (Tahu) Remaja Putri Tentang Penanganan Dismenorea Di SMP Hang Tuah 1 Surabaya. Penelitian ini mengunakan metode Deskriptif dengan satu variabel yaitu tingkat pengetahuan (tahu) remaja putri tentang penanganan dismenorea. Cara mengambil sampel menggunakan Total Sampling dengan jumlah responden sebanyak 80 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan mengunakan rumus Analisis Statistik Deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah 5% responden memiliki tingkat pengetahuan kurang, 45% responden memiliki tingkat pengetahuan cukup dan 50% responden memiliki tingkat pengetahuan baik. Berdasarkan hasil penelitian, sudah banyak responden yang pengetahuannya cukup dan masih ada beberapa responden yang masih kurang pengetahuanya oleh karena itu untuk meningkatkan pengetahuan responden penelitin menyarankan kepada Kepala Sekolah untuk bekerja sama dengan petugas kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang penanganan dimenorea.

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Penanganan Dimenorea

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Catharina Labore Tatiek Ariyani
Date Deposited: 19 Mar 2021 05:08
Last Modified: 08 Apr 2021 05:11
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item