HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Tahun I dan II Prodi Ilmu Keperawatan Di STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo Surabaya)

PUTRI, MARIA ODILIA VERDY UTOMO (2020) HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Tahun I dan II Prodi Ilmu Keperawatan Di STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo Surabaya). Other thesis, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo.

[thumbnail of 1. Cover Depan.pdf] Text
1. Cover Depan.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 11.INTISARI.pdf] Text
11.INTISARI.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of ABSTRAK_MARIA ODILIA VERDY UTOMO PUTRI.pdf] Text
ABSTRAK_MARIA ODILIA VERDY UTOMO PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Maria Odilia Verdy Utomo Putri_201602030.pdf] Text
SKRIPSI_Maria Odilia Verdy Utomo Putri_201602030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 24. Daftar Pustaka.pdf] Text
24. Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB)

Abstract

Kemampuan berkomunikasi secara interpersonal merupakan hal yang harus dikuasai oleh mahasiswa keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan yang efektif. Salah satu faktor yang mempengaruhi baik tidaknya kemampuan berkomunikasi interpersonal adalah tingkat kepercayaan diri mahasiswa. Fenomena yang dijumpai peneliti di STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo Surabaya adalah terdapat beberapa mahasiswa yang tidak dapat berkomunikasi interpersonal secara baik dikarenakan perasaan malu dan merasa tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tujuan dari peneitian ini untuk menganalisis hubungan antara tingkat kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada mahasiswa tingkat I dan II. Desain penelitian ini adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden yang diambil menggunakan simple stratified random sampling. Tingkat kepercayaan diri mahasiswa diukur menggunaan kuesioner Personal Evaluation Inventory (PEI) dan kemampuan komunikasi interpersonal diukur menggunakan kuesioner Interpersonal Communication Competence Scale (ICCS). Analisis statistik menggunakan ASDPP didapatkan hasil sebagian besar (72%) responden memiliki tingkat kepercayaan diri yang sedang dan Sebagian besar (83%) responden memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang cukup. Hubungan tingkat kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal dinilai menggunakan uji korelasi Spearman Rank dengan nilai p=0,012 dan r +0,326. Hasil penelitian menunjukkan tingkat hubungan yang rendah dan arah hubungan positif, yang berarti semakin tinggi tingkat kepercayaan diri mahasiswa, semakin baik pula kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan yang dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri mahasiswa baik dari segi akademik maupun non akademik, sehingga kemampuan komunikasi interpersonal juga akan lebih baik.

Kata Kunci: Tingkat Kepercayaan Diri, Kemampuan Komunikasi Interpersonal, mahasiswa keperawatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Catharina Labore Tatiek Ariyani
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:41
Last Modified: 08 Apr 2021 02:42
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item
View Item