LITERATURE REVIEW PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI

SIDOK, MARIA OKTAVIANI (2020) LITERATURE REVIEW PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI. Other thesis, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo.

[thumbnail of 1 SAMPUL DEPAN.pdf] Text
1 SAMPUL DEPAN.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 12 INTISARI.pdf] Text
12 INTISARI.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of ABSTRAK_MARIA OKTAVIANI SIDOK.pdf] Text
ABSTRAK_MARIA OKTAVIANI SIDOK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Maria Oktaviani Sidok_201602031- Literature Review.pdf] Text
Maria Oktaviani Sidok_201602031- Literature Review.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 23 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
23 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

Kebersihan saat menstruasi merupakan tindakan penting yang perlu dilakukan dengan tujuan untuk pemeliharaan kebersihan dan kesehatan individu, hal ini karena menstruasi yang merupakan darah kotor sehingga jika kurang dijaga kebersihannya akan menimbulkan gatal dan tidak nyaman pada area vulva serta berpotensi terhadap timbulnya infeksi pada organ reproduksi. Tujuan studi literature ini adalah mengidentifikasi pengaruh faktor lingkungan terhadap pengetahuan dan hubungan dengan praktik kebersihan saat menstruasi pada remaja putri. Desain dalam studi ini adalah tinjauan literatur, dengan pencarian berbasis data elektronik yang komprehensif di PubMed dan Scient Direct dengan mengambil artikel yang relevan yang diterbitkan dalam bahasa inggris antara Juni 2010 hingga Januari 2020. Metode dengan mencari Istilah dan kata kunci yang berkaitan dengan pengetahuan dan praktik tentang hygiene saat menstruasi serta meninjau abstrak atau teks lengkap pada artikel yang disesuaikan dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil dari tinjauan studi literature ini didapatkan 3 artikel jurnal internasional Scient Direct, dan 2 artikel jurnal Pubmed. Jumlah variabel yang diteliti dalam 5 jurnal sebanyak 10 variabel yang hanya dilakukan satu kali penelitian dengan hasil yang signifikan berhubungan dengan pengetahuan dan praktik hygiene menstruasi sebanyak 7 variabel dan 3 variabel lainnya berhubungan dengan sanitasi lingkungan sekolah. Variabel dominan yang menunjukan hubungan bermakna adalah pengetahuan, sumber informasi, usia, dan sanitasi lingkungan. Pengetahuan kurang tentang menstruasi [OR= 1,48: 95% CI (1,04, 2.1)], usia kurang dari 15 tahun [OR = 1,71: 95% CI (1,22, 2,39)], sumber informasi dari ibu adalah 69%, dan sanitasi serta fasilitas kebersihan sekolah 81% tidak memadai. Mayoritas remaja mendapatkan informasi tentang menstruasi dari ibu mereka, namun remaja putri masih memiliki pengetahuan yang buruk dan praktik kebersihan yang kurang tepat karena tidak ada pendidikan kesehatan di sekolah.

Kata Kunci : Lingkungan, Pengetahuan, Praktik, Kebersihan menstruasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Catharina Labore Tatiek Ariyani
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:56
Last Modified: 31 Mar 2021 03:47
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item
View Item