PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN (TAHU) TENTANG TUMBUH KEMBANG REMAJA PUTRI (12-13 TAHUN) (Studi Pra Eksperimental Dengan Rancangan One Group Pra-Post Test Design di SMP Hang Tuah 1 Surabaya)

AWA, NATALIA ANGELA INA LALO (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN (TAHU) TENTANG TUMBUH KEMBANG REMAJA PUTRI (12-13 TAHUN) (Studi Pra Eksperimental Dengan Rancangan One Group Pra-Post Test Design di SMP Hang Tuah 1 Surabaya). Other thesis, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo.

[thumbnail of 1. Cover Depan.pdf] Text
1. Cover Depan.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 12. INTISARI.pdf] Text
12. INTISARI.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of ABSTRAK_NATALIA ANGELA INA.pdf] Text
ABSTRAK_NATALIA ANGELA INA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[thumbnail of NATALIA ANGELA INA LALO AWA_201602038_removed-1.pdf] Text
NATALIA ANGELA INA LALO AWA_201602038_removed-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 24. Daftar Pustaka.pdf] Text
24. Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB)

Abstract

Masa pubertas pada remaja putri biasa disebut perubahan biologis yang meliputi morfologi dan fisiologi dan perubahan somatik yang merupakan perubahan fisik pada masa pubertas terjadi bila seorang anak telah mencapai umur 10-18 tahun. Fenomena yang ditemukan di SMP Hang Tuah 1 Surabaya, sebagian remaja putri tidak mengetahui adanya perubahan yang terjadi pada mereka seperti: akan mengalami menstruasi, payudara mulai menonjol, tumbuh rambut-rambut halus di sekitar ketiak dan kemaluan serta pinggul mulai melebar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan (tahu) tentang tumbuh kembang remaja putri (12-13 tahun). Desain penelitian ini adalah pra eksperimental dengan rancangan One-Group Pre-Post Test Design. Variabel bebas penelitian ini adalah pendidikan kesehatan tumbuh kembang remaja putri, variabel terikatnya adalah tingkat pengetahuan tentang tumbuh kembang remaja putri (12-13 tahun). Sampel penelitian ini 40 remaja putri di SMP Hang tuah 1 Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi dan diseleksi menggunakan teknik Simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan sebelum dilakukan intervensi 12,5% responden berpengetahuan baik, 70% berpengetahuan cukup, dan 17,5% berpengetahuan kurang. Setelah dilakukan intervensi 65% berpengetahuan baik, 35% berpengetahuan cukup. Hasil uji wilcoxon signed rank test nilai p = 0,000 dan Zhitung -5,561, p<0,05 maka H0 ditolak berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan remaja putri, dimana setelah diberikan pendidikan kesehatan pengetahuan remaja putri meningkat dari pada sebelum dilakukan pendidikan kesehatan tentang tumbuh kembang. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada kepala sekolah dan guru-guru di SMP Hang Tuah 1 Surabaya supaya kepala sekolah dan guru-guru dapat bekerja sama dengan orang tua siswi agar dapat menjelaskan tentang tumbuh kembang putri mereka dan guru-guru juga dapat menjelaskan sedikit penjelasan tentang tumbuh kembang remaja lewat mata pelajaran seperti mata pelajaran IPA agar siswa dan siswi mengerti tentang tumbuh kembang terkhususnya tumbuh kembang remaja putri.

Kata Kunci : Pendidikan, Pengetahuan, Tumbuh Kembang, Remaja Putri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Catharina Labore Tatiek Ariyani
Date Deposited: 26 Mar 2021 04:27
Last Modified: 31 Mar 2021 01:59
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item
View Item