GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN (TAHU) IBU PRIMIGRAVIDA TENTANG PREEKLAMPSIA (Studi Deskriptif di Praktik Mandiri Bidan Titik Ariati, Amd. Keb dan Bidan Delima F. Sri Retnaningtyas, Amd. Keb, Surabaya)

DEWI, NI KADEK YUNITA PADMI (2020) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN (TAHU) IBU PRIMIGRAVIDA TENTANG PREEKLAMPSIA (Studi Deskriptif di Praktik Mandiri Bidan Titik Ariati, Amd. Keb dan Bidan Delima F. Sri Retnaningtyas, Amd. Keb, Surabaya). Other thesis, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo.

[thumbnail of 1. Cover Depan.pdf] Text
1. Cover Depan.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 12. INTISARI.pdf] Text
12. INTISARI.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of ABSTRAK_NI KADEK YUNITA.pdf] Text
ABSTRAK_NI KADEK YUNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Ni Kadek Yunita Padmi Dewi_201602039.pdf] Text
Ni Kadek Yunita Padmi Dewi_201602039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 23. Daftar Pustaka.pdf] Text
23. Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)

Abstract

Preeklampsia merupakan salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas perinatal di Indonesia. Preeklampsia adalah penyakit dengan tanda-tanda hipertensi, edema dan proteinuria yang timbul karena kehamilan. Pengetahuan ibu hamil mengenai kehamilan menjadi jelas bahwa perawatan selama kehamilan yang teratur dan rutin memeriksakan diri ke petugas kesehatan sangat penting dalam melakukan pencegahan pada preeklamspia. Fenomena yang terjadi di Praktik Mandiri Bidan Titik Ariati, Amd. Keb dan Bidan Delima F. Sri Retnaningtyas, Amd. Keb, Surabaya adalah beberapa ibu hamil tidak teratur dalam melakukan pemeriksaan kehamilan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan (tahu) ibu primigravida tentang preeklamspia di Praktik Mandiri Bidan Titik Ariati, Amd. Keb dan Bidan Delima F. Sri Retnaningtyas, Amd. Keb, Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Variabel penelitian ini adalah gambaran tingkat pengetahuan (tahu) ibu primigravida tentang preeklampsia. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 36 ibu hamil primigravida yang memenuhi kriteria inklusi dan dikumpulkan dengan teknik consecutive sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Penelitian menggunakan Analisa Statistik Deskriptif Proporsi Prosentase. Hasil penelitian dari 36 responden menunjukkan 47,2% responden memiliki tingkat pengetahuan kurang, 36,1% responden memiliki tingkat pengetahuan cukup dan 16,7% responden memiliki tingkat pengetahuan baik tentang preeklampsia. Peneliti menyarankan untuk petugas kesehatan dapat terus memberikan penyuluhan dan membuat kelas ibu hamil untuk memberikan informasi kepada ibu hamil tentang melakukan perawatan kehamilan secara teratur untuk mencegah preeklampsia.

Kata Kunci: Pengetahuan, Ibu Primigravida, Preeklampsia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Catharina Labore Tatiek Ariyani
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:11
Last Modified: 31 Mar 2021 01:22
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item
View Item