Perilaku Makan dan Status Gizi Remaja

Purnama, Ni Luh Agustini (2019) Perilaku Makan dan Status Gizi Remaja. Jurnal Penelitian Kesehatan, 9 (2): 172. pp. 57-62. ISSN 2088-6764

[thumbnail of Artikel tentang Perilaku Makan dan Status Gizi Remaja] Text (Artikel tentang Perilaku Makan dan Status Gizi Remaja)
Perilaku Makan dan Status Gizi Remaja.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiarism] Text (Hasil Cek Plagiarism)
TURNITIN_PERILAKU MAKAN DAN STATUS GIZI REMAJA (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hasil review artikel ilmiah] Text (Hasil review artikel ilmiah)
Hasil Review JPK Ni Luh 2019_581.pdf

Download (376kB)

Abstract

Perilaku makan remaja dimasa pertengahan remaja mempunyai karakteristik gizi yang penting untuk pertumbuhan. Makanan yang dikonsumsi remaja harus terdapat berbagai unsur zat gizi, tetapi pada remaja masih terlihat sering makan asal kenyang anpa memperhatikan unsur gizi didalamnya dapat mengarah ke perilaku makan yang tidak sehat yang akan berdampak pada status gizi. Fenomena yang ditemukan di SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya beberapa remaja memiliki perilaku makan tidak sehat. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan perilaku makan dengan status gizi remaja Desain penelitian ini adalah cross sectional. Sampel penelitian ini sebnyak 58 remaja di SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Perilaku makan remaja dinilai dengan Eating Behavior Patterns Questionnaire.Penetuan status gizi berdasarkan hasil perhitunagn indeks massa tubuh Ujian statistic yang digunakan untuk menilai hubungan kedua variabel adalah korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan anatara perialku makan dan status gizi remaja (p=0,56). Perilaku makan bukan satu-satunya yang mempengaruhi status gizi remaja, ada banyak faktor yang mempengaruhi status gizi remaja selaian dari fator perlikau makannya.

Kata kunci: perilaku makan, status gizi, remaja

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > Profesi Ners
Depositing User: Ni Luh Agustini Purnama
Date Deposited: 06 May 2021 03:47
Last Modified: 06 May 2021 03:47
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item
View Item