HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KEPERAWATAN DENGAN CARING MAHASISWA PROFESI NERS DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WILAYAH SURABAYA The Relationship Between Technological Skill Competency and Caring of Nursing Profession Students in Surabaya Region

Yuliati, Ignata and Widayanti, Marceliina Rasemi (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KEPERAWATAN DENGAN CARING MAHASISWA PROFESI NERS DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WILAYAH SURABAYA The Relationship Between Technological Skill Competency and Caring of Nursing Profession Students in Surabaya Region. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Sciencetific Journal of Nursing), 6 (2). pp. 231-243. ISSN 2477-4391

[thumbnail of Jurn.Ilmiah Kep_Sr.Ignata 2020.pdf] Text
Jurn.Ilmiah Kep_Sr.Ignata 2020.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of lembar reviewer II-P Mudakir -Jurnal Ilm.Kep.pdf] Text
lembar reviewer II-P Mudakir -Jurnal Ilm.Kep.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of lembar reviewer-ignata-rkz-jurnal ilm.kep.pdf] Text
lembar reviewer-ignata-rkz-jurnal ilm.kep.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of TURNITIN_HUBUNGAN TEKNOLOGI DAN CARING.pdf] Text
TURNITIN_HUBUNGAN TEKNOLOGI DAN CARING.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Peer review Marcellina RW] Text (Peer review Marcellina RW)
Peer Review jurnal Caring.pdf

Download (429kB)

Abstract

Pendahuluan: Teknologi merupakan kehadiran yang terintegrasi antara ilmu
pengetahuan dan mesin. Teknologi informasi dalam keperawatan meliputi pengetahuan,
sikap dan ketrampilan. Ketiga hal ini dibutuhkan oleh seorang tenaga kesehatan dalam
menjalankan profesinya. Kemampuan perawat menggunakan teknologi keperawatan
merupakan bentuk kepedulian/ caring didalam keperawatan. Perilaku caring perawat
sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, oleh karena itu pemahaman mahasiswa
tentang technologi sebagai bentuk caring perawat perlu ditanamkan sejak masa
pendidikan. Tujuan: Mengidentifikasi hubungan kemampuan menggunakan teknologi
keperawatan dan caring mahasiswa profesi Ners.. Metode: Analitik korelasi dengan
pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa profesi ners, dengan
populasi penelitian seluruh mahasiswa profesi ners yang kuliah di STIKES wilayah
Surabaya yaitu sebanyak 90 mahasiswa. Responden memenuhi kriteria inklusi yaitu
kuliah di STIKes wilayah Surabaya, bersedia menjadi responden, dan lulus sarjana
keperawatan (S. Kep) maksimal satu tahun sebelum melanjutkan pendidikan profesi ners.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner technological skill competency as caring in
nursing instrumen (TSCNI) dan technological competency as caring in nursing
instrument (TCCNI). Hasil: Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan
antara kemampuan menggunakan teknologi (alat-alat kesehatan/medical devices) dengan
caring mahasiswa profesi Ners (p = 0.000; r= 0.630. Ada hubungan signifikan antara
kemampuan menggunakan teknologi (Informasi dan Teknologi Komunikasi/Information
and communication technology) dengan caring mahasiswa profesi ners (p=0.000; r=
0.469). Kesimpulan: Kemampuan menggunakan teknologi membuat perawat memahami
pasien sebagai manusia yang utuh atau holistic. Jika perawat memahami pasien secara
utuh maka dia akan memahami segala aspek dalam diri pasien sebagai pribadi yang unik,
hal ini akan membantu pasien untuk berkembang dan mempercepat proses penyembuhan.
Kemampuan perawat menggunakan teknologi adalah adalah ekspresi caring dalam
keperawatan, yang mana caring dan teknologi sebagai satu kesatuan. Teknologi
memegang peranan penting dalam perawatan kesehatan, teknologi digunakan untuk
meningkatkan keamanan pasien, menyelamatkan jiwa pasien dan membantu perawat
dalam pekerjaannya. Menanamkan caring sejak masa pendidikan sangat penting karena
ini adalah tahap pertama mahasiswa belajar nilai dan makna dari profesi per

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Catharina Labore Tatiek Ariyani
Date Deposited: 25 May 2021 04:55
Last Modified: 24 Jun 2021 06:17
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item
View Item