TINGKAT KEBUGARAN KARDIO RESPIRATORIK PARA LANJUT USIA

Widjayanti, Yhenti (2016) TINGKAT KEBUGARAN KARDIO RESPIRATORIK PARA LANJUT USIA. E Journal keperawatan, 9 (3). pp. 148-151. ISSN ISSN: 2407-8999

[thumbnail of artikel publikasi] Text (artikel publikasi)
Tingkat kebugaran kardiorespiratorik.pdf - Published Version

Download (436kB)
[thumbnail of Hasil cek plagiasi] Text (Hasil cek plagiasi)
turnitin_Tingkat Kebugaran Para Lansia.pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of Review] Text (Review)
Scan peer review_Tingkat kebugaran kardiorespiratorik pada lansia.pdf - Other

Download (427kB)

Abstract

ABSTRAK
Proses penuaan mengakibatkan terjadinya perubahan kardiorespiratorik yang dapat menurunkan kebugaran kardiorespiratorik. Hal ini menimbulkan keterbatasan aktivitas dan menurunkan kualitas hidup lansia.
Tujuan penelitian ini mengidentifikasi tingkat kebugaran kardiorespiratorik lanjut usia. Desain penelitian ini adalah deskriptif dan variabel penelitiannya adalah tingkat kebugaran kardiorespiratorik lansia yang diukur dengan menggunakan metode six minuete walking test. Sampel penelitian ini adalah semua lansia yang menjadi anggota Wanita Hindu Dharma Pura Jagad Dumadi desa Laban Kulon kecamatan Menganti Kabupaten Gresik yang memenuhi kriteria inklusi dan dikumpulkan dengan teknik purposive sampling sebanyak 34 lansia. Hasil penelitian didapatkan 53% responden memiliki kebugaran kardiorespiratorik baik, 41% responden kebugaran kardiorespiratorik kurang dan 6% responden memiliki kebugaran sangat baik. Pengurus WHDI dapat bekerjasama dengan petugas kesehatan untuk memotivasi para lansia berpartisipasi dalam kegiatan olahraga melalui penyuluhan tentang pentingnya aktivitas fisik bagi lansia.
Kata Kunci: Lansia, Kebugaran kardiorespiratorik.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Institusi > Jurnal
Depositing User: Yhenti Widjayati
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:16
Last Modified: 12 Oct 2020 02:16
URI: http://repository.stikvinc.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item
View Item